Memanfaatkan jasa kelola Instagram sangat penting dilakukan karena dapat memberikan peluang keuntungan tersendiri bagi pengguna, khususnya bagi pebisnis online.
Seiring dengan berjalannya waktu, pengguna Instagram (IG) di kalangan masyarakat dunia semakin berkembang pesat. Bahkan, jumlah pengguna Instagram di Tanah Air sendiri juga sudah semakin banyak, bukan? Membahas mengenai media sosial yang satu ini, tentunya akan sangat berpengaruh besar dalam bisnis online, bukan? Apalagi, saat ini sudah ada jasa kelola Instagram yang mana hadir untuk memudahkan pebisnis dalam mempromosikan produknya. Meski demikian, tahukah Anda bagaimana cara memasang iklan di Instagram?
Sekilas tentang Instagram Ads
Hampir sama seperti iklan di Google Ads, Instagram Ads sendiri dikatakan sebagai platform iklan di media sosial Instagram. Disini, Anda nantinya bisa membuat iklan di halaman feed Instagram dan Instagram Story dengan platform yang satu ini. Bagi Anda yang mungkin sudah familiar dengan pembuatan iklan di Facebook maupun di Google Ads, tentunya tidak akan merasa sulit membuat iklan di media sosial ini.
Hal ini dikarenakan, Instagram yang sudah bergabung pada tahun 2021 dan disatukan di bawah Facebook Ads Manager, menjadikan langkah – langkah pembuatan Instagram Ads hampir mirip dengan langkah pembuatan Facebook Ads. Apalagi dengan susunan susunan iklan di Google Ads Instagram ini terbilang mudah dipelajari dan dipahami. Lantas, tahukah Anda bagaimana cara membuat Instagram Ads dengan mudah anti gagal? Jika penasaran simak di penjelasan berikutnya di bawah ini.
Langkah – langkah membuat Instagram Ads
Dalam mempromosikan produk, Anda tentunya penasaran dalam membuat Instagram Ads seperti halnya saat beriklan di Google Ads, bukan? Oleh karena itu, sebagai solusinya Anda perlu mencari informasi di berbagai media internet dalam mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam membuat Instagram Ads yang satu ini. Meskipun sekarang sudah dimudahkan dengan adanya jasa kelola Instagram yang menawarkan biaya iklan di Google Ads khusus Instagram, akan tetapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk tahu beberapa langkah mudahnya di bawah ini. Beberapa langkah mudah dalam membuat Instagram Ads sendiri yakni sebagai berikut :
- Buka situs Facebook Ads Manager
Pertama – tama, Anda perlu membuka situs halaman dari Facebook Ads Manager. Disini, Anda perlu memastikan bahwa diri Anda sudah melakukan proses login ke akun Facebook yang digunakan untuk mengakses halaman Facebook Anda sendiri. - Pilih pembuatan iklan
Jika sudah membuka Facebook Ads Manager, maka selanjutnya Anda perlu memilih pembuatan iklan terpandu. Disini, Anda bisa membuka menu Kampanye dan klik di bagian Buat Iklan. Disarankan bagi Anda untuk memilih Pembuatan Iklan Terpandu agar iklan Anda lebih spesifik. - Tentukan tujuan dari pengiklanan
Disini, Anda perlu menentukan tujuan iklan yang ingin Anda capai. Pada Facebook Ads Manager sendiri umumnya menyediakan tujuan iklan dalam tiga kategori yakni kesadaran, pertimbangan dan juga adanya konversi. - Pertimbangkan tujuan iklan yang cocok untuk Anda
Biasanya, jasa iklan Google murah akan membantu dalam mempertimbangkan tujuan iklan mana yang kira – kira paling cocok untuk Anda. Di tips dan trik ini, Anda disarankan memilih tujuan lalu pilih lintas / trafik sesuai dengan kebutuhan. - Tentukan jenis iklan
Umumnya, Facebook menawarkan dua jenis pilihan iklan, yakni Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Disini, Anda bisa memilih salah satu dari dua jenis pilihan iklan tersebut. - Menulis nama iklan dan pilih tujuan trafik
Untuk memudahkan Anda dalam mengecek performa iklan – iklan yang tampil di Instagram Ads dengan biaya iklan Google Ads khusus Instagram tertentu, maka sebaiknya Anda menuliskan tujuan dari trafik Anda untuk nantinya bisa diarahkan kemana. - Menampilkan promo
Bagi Anda yang sedang menjalankan promo di bisnis Anda, maka bisa melakukan centang pada pilihan promo agar nantinya bisa digunakan untuk menampilkan promo tersebut. - Menentukan target audience
Dalam menentukan spesifikasi target audience, Anda perlu menentukan berdasarkan beberapa faktor seperti pemirsa khusus, lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, penargetan secara terperinci dan koneksi. - Menentukan penempatan
Kebanyakan jasa iklan Google Adwords khusus Instagram umumnya mengharuskan bagi pengguna untuk bisa menentukan penempatan secara otomatis yang nantinya bisa ditampilkan di Instagram, Facebook dan berbagai aplikasi lainnya. - Tentukan jadwal
Selanjutnya, Anda juga perlu untuk menentukan jadwal / berapa lama iklan Anda akan ditampilkan. Pada kebanyakan pengguna bisa mengatur jadwal seperti 1 minggu, 2 minggu atau bahkan sampai berbulan – bulan. - Menghubungkan dengan akun Instagram
Jasa kelola Instagram dalam hal ini biasanya akan langsung menghubungkan akun Facebook Ads Manager dengan Instagram. Tentu saja, ini dilakukan untuk tujuan promosi bisnis Anda nantinya,bukan? - Memilih format iklan
Dalam hal ini, ada lima jenis format iklan yang bisa Anda pilih. Dimana, format iklan yang ditawarkan di antaranya yakni seperti karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide dan koleksi. - Membuat teks
Pada bagian ini, Anda nantinya diharuskan untuk menuliskan deskripsi iklan Anda. Penting bagi Anda untuk membuat deskripsi iklan yang menarik dan singkat agar memudahkan audience memahami apa tujuan dari Instagram Ads Anda. - Pilih gambar, menulis judul dan cantumkan tautan
Berikutnya, Anda tinggal memilih gambar sesuai deskripsi iklan, menambahkan judul iklan yang menarik perhatian dan juga jangan lupakan masukkan link / tautan yang ingin dituju. - Melakukan pembayaran
Untuk cara pembayaran Google Ads khusus Instagram ini, Anda bisa menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Bahkan setelah melakukan pembayaran, Anda nantinya bisa mereview iklan Anda di Instagram Ads tersebut.
Bagaimana tips mudah memasang iklan di Instagram?
Dengan memanfaatkan bantuan dari jasa kelola akun Instagram, Anda bisa memasang iklan di Instagram dengan beberapa cara berikut ini :
- Memaksimalkan Instagram Stories
Sebagai fitur untuk menampilkan postingan foto / video selama 24 jam, Anda bisa memasang iklan dengan memaksimalkan Instagram Stories yang satu ini. Meskipun durasi yang ditawarkan relatif pendek, akan tetapi siapa sangka jika fitur tersebut bisa menjadi sumber trafik Anda. - Membuat iklan yang natural
Di tangan ahlinya yakni dengan jasa kelola Instagram murah, Anda bisa membuat konten dengan visual yang menarik. Disini, Anda perlu membuat iklan yang natural di mata target audience untuk memudahkan menarik perhatian target audience lebih banyak. - Mengatur ukuran gambar Instagram Ads
Tips dan trik yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan yakni dengan mengatur ukuran gambar Instagram Ads. Disini, Anda perlu mengetahui bagaimana tiap format iklan di Instagram. Dengan cara ini, maka target audience yang Anda inginkan akan meningkat lebih pesat.
Itulah sedikit informasi yang bisa Anda ketahui dan pahami mengenai tips dan trik memasang iklan secara mudah di Instagram Ads. Bahkan dengan kehadiran jasa kelola Instagram, pemasangan iklan di salah satu media sosial tersebut akan semakin mudah menjangkau target audience yang diinginkan.
- Written by: kreasikuadmin
- Posted on: April 12, 2022
- Tags: feed, format, iklan, jasa kelola Instagram, manager, media sosial, platform, target audience