Jasa SMM – 5 Keuntungan Menggunakannya

Sosial Media sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan saat ini. Ada yang suka berinteraksi di Facebook, upload foto di Instagram, diskusi di Twitter atau sekedar lip-sync dan joget di TikTok.

Bagi pemilik bisnis, sosial media juga punya peran penting. Bisa digunakan untuk berpromosi bahkan untuk berjualan. Promosi di sosial media bisa dilakukan dengan beberapa cara:

  1. Posting/Upload konten secara rutin.
  2. Iklan berbayar
  3. Membayar influencer untuk mempromosikan bisnis
  4. Mengadakan giveaway

Untuk sebuah bisnis yang sudah tumbuh, sosial media jadi semakin penting untuk menjaga pertumbuhan bisnis. Mulai dari memperkenalkan produk/jasa ke lebih banyak orang baru hingga mendatangkan calon pembeli.

Tapi, mengurus sosial menghabiskan banyak waktu, ada beberapa hal yang harus dilakukan sepertI:

  • Riset konten untuk sosial media
  • Mengunggah konten secara berkala dan terus menerus
  • Menanggapi pesan/komentar yang masuk
  • Mengikuti apa yang sedang tren/viral

Menjawab permasalahan tersebut, maka muncullah yang disebut sebagai Social Media Management (SMM). Penyedia jasa untuk mengurus/manajemen sosial media semua bisnis. Semua poin-poin diatas akan dilakukan oleh penyedia jasa ditambah dengan beberapa keuntungan menggunakan jasa SMM lainnya dibawah ini:

Jasa SMM akan Mengurus Semua Sosial Media

Sosial Media Jasa SMM

Jasa SMM biasanya akan mengurus semua sosial media yang dimiliki oleh bisnis/klien. Fokus utama biasanya pada tiga sosial media besar yaitu Facebook, Instagram dan Twitter.

Sosial media yang diurus bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis/klien.

Misalnya, untuk bisnis dengan target market dewasa muda akan fokus pada Facebook, Instagram dan Twitter. Sementara untuk pasar dengan usia lebih muda akan fokus pada Instagram, Youtube dan TikTok.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi sosial media bisnis/usaha tidak akan terurus.

Optimasi Semua Aspek Sosial Media

Sosial media memiliki banyak aspek dan tidak semua orang mengetahui bagaimana melakukan aspek-aspek pada sosial media sebuah bisnis.

Hal pertama yang biasanya dilakukan oleh penyedia jasa SMM adalah melakukan optimasi pada sosial media. Optimasi seperti apa?

  • Menggunakan foto profil dan foto cover yang sesuai dan berkualitas tinggi.
  • Memperbaiki bagian bio agar sesuai dengan kebutuhan bisnis.
  • Memaksimalkan sebuah fitur-fitur yang dimiliki oleh sebuah profil bisnis.
  • Dan masih banyak lagi.

Upload Konten Rutin

Bagian ini sering dianggap sebagai bagian paling ‘mudah‘. Padahal upload konten secara rutin merupakan salah satu yang tersulit. Kenapa sulit?

  • Semua konten harus sudah direncanakan beberapa hari sebelum diterbitkan.
  • Setiap konten harus melalui proses riset terlebih dahulu.
  • Konten tidak boleh bermasalah (hak cipta, menyinggung suatu pihak dan sebagainya).
  • Konten harus bervariasi.
  • Konten harus mengikuti perkembangan tren tapi tetap menjaga kualitas dan branding dari sebuah bisnis.

Banyak aspek lain yang juga harus diperhatikan sebelum mengunggah sebuah konten. Tapi, dengan memakai jasa SMM, semua hal ini akan dilakukan oleh sebuah tim yang sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya masing-masing.

Laporan Evaluasi yang Detail dan Mudah Dimengerti

Masing-masing sosial media memiliki fitur analytics untuk menunjukan angka-angka penting. Tapi, tidak semua orang bisa memahami makna dari angka-angka tersebut. Dan yang terpenting, belum tentu semua orang bisa merencanakan langkah berikutnya berdasarkan data tersebut.

Disinilah pentingnya menggunakan jasa SMM. Penyedia jasa sudah pasti akan memberikan laporan terjadwal (mingguan/bulanan) mengenai perkembangan proses marketing. Dalam laporan ini biasanya juga terdapat evaluasi dan saran tentang apa yang bisa dilakukan bisnis untuk semakin meningkatkan performa promosinya di sosial media.

Misalnya, saat data menunjukan bahwa sebagian besar demografi follower adalah wanita berusia 18-34 tahun. Maka, jika bisnis berkeinginan untuk memakai jasa influencer, maka dipilih influencer yang memiliki karakter follower serupa.

Bisa Lebih Murah Dibanding In-House

Dengan pentingnya sosial media saat ini, banyak bisnis berkeinginan untuk membangun tim sosial media sendiri. Namun, membangun sebuah tim sosial media sebenarnya bukan sesuatu yang murah bagi bisnis. Terdapat beberapa role yang harus dimiliki dalam tim tersebut:

  • Graphic Designer
  • Video Editor
  • Content Planner
  • Copywriter
  • Business Analyst

Bagi bisnis yang belum berskala besar, sebenarnya sangat direkomendasikan untuk menggunakan jasa SMM karena biaya yang dihabiskan jauh lebih murah dibandingkan membangun tim sendiri.

Penyedia jasa mengurus sosial media juga sudah memiliki tim yang solid dan tidak perlu menghabiskan waktu untuk dilatih lagi.


Kesimpulan

Itulah 5 keuntungan menggunakan jasa Social Media Management (SMM) bagi sebuah bisnis. Dengan mempercayakan sosial media pada pihak kedua, maka pemilik bisnis jadi memiliki lebih banyak waktu untuk fokus dalam mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih baik.

2 comments

  1. […] penyedia jasa yang juga memiliki jasa social media management karena sosial media atau dikenal sebagai social media signals juga berperan dalam SEO secara […]

  2. […] Sosial Media resmi Perusahaan […]

Leave a Reply